Wednesday, June 26, 2013

Kunjungan Ke Perpustakaan Kedutaan Besar Jepang Di Jakarta

Selamat malam Eclipters semua :) Apa kabar nih? semoga baik-baik saja ya. Edisi kali ini saya mau bercerita perihal kunjungan saya ke salah satu tempat, tepatnya kunjungan ke Perpustakaan Kedutaan Besar Jepang. Boleh kan? ya bolehlah ini kan blog saya :P

Oh iya sekedar info saja ya, hari ini 25 Juni 2013, tepat 1 tahun saya tinggal di Jakarta terhitung sejak 25 Juni 2012, tepuk tangan dong haha. Awalnya saya di Jakarta tinggal di tempat kakak saya di Jakarta Utara, yaitu akhir bulan juni sampai awal bulan september, terus pindah ke Cengkareng sini pada awal september karna sudah akan memulai kuliah.

Selama setahun disini banyak sih hal-hal baru yang saya dapat, mulai dari teman baru sampai pengalaman-pengalaman yang luar biasa. Selama setahun disini juga saya sudah beberapa kali keluar kota, 2 kali ke Jogja dan sekali ke Malang, itu yang jauh kalo yang deket-deket sih ya sekitaran jabodetabek, bogor terutama. 

Langsung aja ya ceritanya, oke hari ini saya juga mengunjungi salah satu Kedutaan Besar negara asing yang ada di Jakarta yaitu Kedutaan Besar Jepang. Ngapain? bukan, bukan ngurus paspor atau visa. Saya berkunjung ke bagian pendidikannya Kedubes Jepang, lebih tepatnya perpustakaannya. 

Saya kesananya tidak sendirian, saya ditemani sama 2 teman, yang satu sama kayak saya anak S1 Elektro dan yang satu lagi anak D3 Mesin. Kesananya naik apa? naik Trans Jakarta a.k.a busway :D kendaraan umum massal berbayar Rp.3.500,- keliling Jakarta. Kita naiknya dari halte Rawa Buaya di Cengkareng, trus transit di halte Central Harmoni, lalu lanjut naik busway arah Blok M, dan turunlah kita di halte Bunderan HI. Nah, tidak jauh dari situ letak Kedubes Jepang. Kedubesnya sebelah mana? okey kalo sudah keluar dari halte Bunderan HI, cari aja Menara The Plaza, nah tepat di sebelah kanan menara The Plaza inilah Kedubes Jepang itu. Maaf ya saya tidak sempat mengambil gambar gedung kedubesnya :(

Okey sekarang mari kita masuk, ngantri yang rapi ya. Jangan lupa siapkan tanda pengenal KTP yang akan ditukarkan dengan kartu buat masuk ke dalam Kedubes. Dan setelah melewati proses pemeriksaan yang ketat, tibalah kita didalam. Kalo udah di dalam, ruang yang disebelah kiri adalah untuk mengurus paspor dan visa, nah tepat didepan kan ada tangga tuh, perpustakaannya ada di lantai 2, naik aja keatas, nyampe diatas tepat sebelah kanan itulah perpustakaannya :)

 

Okey sekarang mari kita masuk. Sebelumnya isi dulu daftar hadirnya dan setelah itu silahkan baca-baca buku didalam. Di situ ngomong Jepang tidak? tenang aja, mbak yang jagain disitu ngomong Indonesia kok. Tapi pas ada temennya sesama pegawai yang dateng, mereka ngomong pake bahasa Jepang.

Lanjut! Ada apa aja didalam? Yang paling utama itu ada buku, yaiyalah namanya juga perpustakaan -_-. Tapi ya, sebenarnya saya kira perpus disini skalanya besar dan banyak koleksi bukunya. Ternyata eh ternyata perpusnya tidak sebesar yang saya kira, perpusnya mini doang. Ini kan perpus Kedubes bukan perpus seperti yang biasa kita tahu, misal perpus yang dikampus. Disini tuh ya, misal kalian mau nanya-nanya soal pendidikan, misal program beasiswa dan lainnya yang menyangkut pendidikan.

Dalemnya kayak apa sih? nah gambar berikut ini jawabannya. Sebenarnya sih di dalem sini dilarang gunakan handphone apalagi ngambil gambar. Tapi pas kemarin perpusnya kosong dan mbak yang jagain juga lagi ke ruang yang sebelahnya. Jadi dengan beraninya saya sempat memfoto beberapa bagian di dalam perpus itu, yah ini kan tidak melanggar undang-undang, iya gak? -_-




Oh ya kalo kalian mau kalian juga bisa ngambil brosur mengenai beasiswa di meja tempat daftar hadir tadi. Dan yang warna merah nomer 29 di gambar bawah ini adalah kartu masuk saya :)

 

Nah, setelah puas baca-baca buku di dalam, sepertinya udah saatnya balik, karna udah sore. Temen saya yang anak D3 Mesin itu udah mengisyaratkan buat balik. Oh ya sebelum kita balik, kita sempet nanya-nanya sama mbak yang jagain perpus itu. Kata mbak itu, perpus disini emang kecil dan koleksinya dikit, mending kalian ke JF (Japan Foundation) aja, disana juga bisa nanya-nanya soal beasiswa dan lainnya. Alamatnya ada di bagian bawah brosur tadi (gambar diatas).



Okedeh, sekian cerita jalan-jalan ke bagian pendidikan Kedubes Jepang. Berikutnya sih saya mau coba ke JASSO/Japan Foundation, tapi ya nantilah kalo ada waktu lagi. Kalo sobat Eclipters mau ke perpus ini, boleh kok ajak saya, ntar kita kesananya bareng-bareng. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya :) Oyasumi!
Location: Jakarta, Republic of Indonesia

2 comments:

  1. Gan....saya juga minat ke perpustakaan kedubes jepang nieh, boleh tahu info.x gmna bsa ksana ! kalo boleh nanti kita komunikasi lebih lanjut. nama saya Reza Sa'adi..Jepang adalah impianku gan..ne email saya: rezasaadi04@yahoo.com ini pin BB saya gan 7dc203fe..qta sharing tentang Jepang gan. Arigato

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok kesananya, sesuai yg sdh saya tulis diatas, siapin aja KTP untuk tanda pengenal buat masuk ke kedubes.
      Saya saat ini lagi tdk ingin kesana, lagi banyak kegiatan lain hehe, kesana aja ajak temannya. Dan sesungguhnya saya lebih tertarik dgn jerman dibanding jepang, maaf tdk bisa banyak membantu. Thanks. Arigato ;)

      Delete