Saturday, June 8, 2013

Materi Praktikum Algoritma dan Pemrograman STT-PLN Jakarta



Setelah sebelumnya saya membagikan materi Praktikum Fisika, nah pada postingan kali ini saya mau membagikan materi Praktikum Algoritma dan Pemrograman (AP). Praktikum ini dilaksanakan di Laboratorium Dasar Teknik Elektro, laboratorium ini letaknya di lantai 6 gedung STT-PLN.

Praktikum ini sebenarnya sudah selesai lama yaitu bulan lalu, praktikum ini hanya dilakukan sehari penuh untuk 5 Modul sekaligus, berbeda dengan praktikum Fisika yang dilaksanakan seminggu sekali untuk 1 Modul. Jadi dalam 1 hari tersebut kita menyelesaikan 5 Modul setelah itu ya tinggal buat laporannya trus presentasi sekali dan selesai. Tapi ya kita harus tulis tangan materi dari 5 Modul tersebut (kemarin punya saya +30 lembar tulis tangan).

5 Modul tersebut yaitu:
Modul 1 Pengenalan Bahasa C
Modul 2 Struktur Dasar Bahasa C
Modul 3 Percabangan dan Perulangan
Modul 4 Array dan Fungsi
Modul 5 Operasi File, Struktur, dan Manipulasi Bit

Kronologi praktikumnya seperti ini:
Pertama kita dibagikan Modul Praktikum (bukan dikasih gratis, tapi dibeli -_-), lalu materinya ditulis tangan. Pada saat sebelum praktikum dilakukan Tes Awal, selanjutnya tinggal praktikum. Setelah itu buat laporannya, urutan laporannya adalah Cover  >> Materi Praktikum >> Program Latihan >> Analisa >> Tugas Akhir. 

Kalau masalah bobot penilaian, Tes Awal 20%, Keterampilan 30%, dan Laporan + Presentasi 50%. Jadi ya semua harus diusahakan semaksimal mungkin :). Sebenarnya sih bisa juga tidak presentasi, tapi ya berarti tidak ada nilai presentasinya, so presentasi itu tetap penting jadi harus dilakukan.

Materi yang akan saya bagikan berupa softcopy yaitu:
1. Program Latihan dan Program Tugas Akhir dalam bentuk Program Bahasa C (.cpp)
    [DOWNLOAD]
2. Printscreen Input Output Program Latihan dan Program Tugas Akhir dalam bentuk Gambar (.png)
    [DOWNLOAD]
3. Cover Laporan dalam bentuk Dokumen (.doc)
    [DOWNLOAD]
4. Laporan Program Latihan dan Tugas Akhir dalam bentuk Dokumen (.doc)
    [DOWNLOAD]
5. Analisa Program Latihan dalam bentuk Gambar (.jpeg) 
    [DOWNLOAD]
Gunakan password : [alamtuaralampung]

Pada praktikum ini kita menggunakan Aplikasi Turbo C/C++, kalau belum punya Aplikasi Turbo C/C++ silahkan download disini [LINK].

Sekian materi yang saya bagikan dan semoga ini bermanfaat bagi kita, kalau anda mau bertanya silahkan e-mail ke [tuaralampung@live.com]. Terima kasih :)
Location: Jakarta, Indonesia

2 comments:

  1. maaf bang tp tu filenya kok kosong ya yang nomor 4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan saya cek ya filenya. Coba download yg disini, lihat di bagian semester 2 >> http://tuaralampung.blogspot.com/p/materi-tugas-kuliah-stt-pln-jakarta.html

      Delete