Tuesday, July 23, 2013

Goodbye Semester 2, Welcome Semester 3!

Selamat malam semua, hah akhirnya bisa update blog lagi :) sudah lama ya absen menulis, habisnya selama ini sibuk belajar hehe, kan anak rajin -_-

Kartu Rencana Ujian (KRU)
Yah seperti yang kalian lihat diatas, itu adalah kartu ujian saya. Hari ini adalah hari terakhir Ujian Akhir Semester (UAS) Semester 2. Sebenarnya sih sesuai yang tertera di atas, ujiannya sudah selesai kemarin tanggal 22, tapi dikarenakan ujian Algoritma & Pemrograman yang tanggal 10 Juli itu bertepatan dengan awal bulan ramadhan sesuai ketetapan pemerintah, makanya hari pertama puasa itu diliburkan oleh pihak kampus, selanjutnya ujian yang seharusnya dilaksanakan hari itu di pindahkan sehari setelah ujian terakhir yaitu ya hari ini :)

Oke lanjut, saya mau menceritakan perihal semester yang baru saja usai yaitu semester 2 dan juga semester yang akan saya jalani selanjutnya yaitu semester 3, sistemnya tanya-jawab gitu :)

UAS yang sekarang gimana? beda tidak sama UAS semester lalu?
Yah UAS kali ini samalah seperti UAS semester 1 tidak beda-beda jauh, pengawasnya ya itu-itu lagi, ruangnya ya itu-itu juga, kampusnya ya tetep itu, masa sih mau ujian di kampus orang -_-. Bedanya ya kalo UAS yang ini nih waktunya lama banget, lihat saja cuma 6 kali ujian tapi waktunya sampe 3 minggu gitu, kalo UAS yang kemaren ya berurutan gitu ujiannya jadinya kan cuma seminggu, jadi ya cepet selesai, kalo yang kali ini ya banyakan libur, jadinya serasa gak ujian gitu haha, tapi baguslah karna ada selang beberapa hari sebelum ujian berikutnya, jadi ada waktu gitu buat persiapan belajar mata ujian yang berikut :)

Kalo nilai semester ini gimana? bagus-bagus tidak? :D
Nilai? yah ada beberapa yang sudah keluar, tapi ada juga yang belum keluar nilainya, baru juga tadi selesai ujiannya -_-. Dua praktikum baik Fisika maupun AP sudah keluar nilainya, kemudian mata kuliah teori baru PKn sama Fisika Modern yang sudah keluar nilainya, selebihnya SDE, Matematika, Fislis a.k.a FLMGO sama AP belum keluar nilainya.

Dari semua mata kuliah ini yang paling suram nilainya ya pasti Fisika Modern, soalnya pas mau ujian, saya tidak sedang dalam kondisi yang baik, badan yang rada lemes dan kepala pening berat saat itu, bener-bener tidak bisa konsen buat belajar, jadinya ya baca buku sih tapi tidak ada yang dapat diserap otak, kemudian ujiannya itu jam 8 pagi dan sifatnya close book. OMG! Saya bener-bener BLANK!. Kalau open book sih tidak apa, tapi ini sifat ujiannya close book dan saya bener-bener tidak ada persiapan ditambah kondisi badan yang lagi ngedrop gitu.

Oke kami turut berdukacita perihal Fisika Modern -_- trus gimana kuliah selama semester 2?
Oke semester 2 ini ada 8 mata kuliah, terdiri dari 6 kuliah teori dan 2 praktek. 2 mata kuliah praktikum ya berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, yang praktikum Fisika ada 8 aslab yang ajarin 8 modul, kalo praktikum AP cuman 1 aslab doang yang ajarin 5 modul sekaligus namanya Kak Endang, ini sih ya praktikum termudah soalnya cuman sekali praktikum doang sisanya ya libur. Trus kalo yang teori ada 6 mata kuliah terdiri dari 3 mata kuliah 4 SKS dan 2 mata kuliah 2 SKS.

Yang paling saya soroti ya praktikum Fisika, itu tuh yang buat saya harus bangun pagi setiap hari sabtu buat ngafalin langkah percobaan praktikum, praktikumnya juga jam 8 pagi sama seperti praktikum pada semester 1, tapi ya semua berjalan dengan lancar tanpa hambatan hehe :). Kalo praktikum AP ya cuman sekali praktikum, sisanya nyusun laporan dan kumpul kemudian presentasi deh, aslab saya sama Kak Endang angkatan 2010, udah saya follow dia di twitter tapi masih belum difolbek sama dia :( Kalo mata kuliah teori ya, semua berjalan seperti semestinya, tidak ada hambatan yang berarti.

Ceritain dong tentang dosen-dosennya, gimana pendapat kamu tentang mereka?
Saya ceritain satu-satu ya...

Dari semua dosen yang paling saya suka yaitu dosen AP yaitu Ibu Fivit Marwita, entah kenapa ya saya suka cara ngajarnya, cara ngomongnya, dan lainnya, tapi yang jadi permasalahan friend request saya di facebook belum di konfirmasi sama beliau -_- padahalkan saya mau berteman di facebook sama Ibu Fivit, ya biar bisa nanya-nanya soal pemrograman kalo misal nanti ada yang saya gak ngerti, kan saya tiap hari di depan komputer a.k.a Kutu Komputer :D. Harapan saya bisa dikasih nilai bagus sama Ibu Fivit, baru juga tadi pagi ujiannya, dia sempet loh masuk ruang ujian tadi. Kalo dosen semester 2 yang lainnya tidak ada yang semenarik Ibu Fivit deh :)

Ada tuh Ibu Diah dosen Matematika 2 ngajarnya cuman sampe UTS doang, setelah UTS kita diajar sama Ibu Titi, dosen Matematika 2 juga tapi dari kelas tetangga. Kata si Ibu Titi, Ibu Diah nya lagi nyusun Tesis S2 nya makanya tidak bisa ngajarin kita. Ibu Diah ini dulunya dosen Matematika 1 saya loh waktu semester 1. Ibu Titi asik juga sih orangnya, punya selera humor juga, suka nanya arti nama kita pas dia bacain absen gitu, pas nama saya dipanggil, dia nanya : kamu orang lampung ya?, saya jawab : bukan bu, ibu nya nanya lagi : trus kenapa nama kamu ada lampungnya?, saya diam dan senyumin aja ntar kalo dijelasin masalahnya bakal tambah panjang :D

Kalo dosen SDE sih santai, namanya Pak Djoko Susanto, dia ini Ketua Jurusan S1 Teknik Elektro loh alias Kajur, dia kalo ngajar di depan, kita internetan di belakang haha. Banyak sih senior yang ngambil mata kuliahnya tapi tidak pernah masuk di kelas, pada nitip absen semua, soalnya bisa titip absen alias TA. Ujiannya santai open book, baik UTS maupun UAS, kalo masalah nilai gak usah khawatir deh baik kok bapaknya, ngasih nilainya juga WOW pake banget!

Ada lagi dosen Fismod, Pak Bambang Cholis, entah dia itu ngajarin Fisika atau ngajarin Agama. Pas dia ngajar di kelas ya selalu aja materi diselingi dengan cerita tentang agama gitu. Ini nih mata kuliah yang banyakan mahasiswa yang nitip absen, soalnya ya absennya gak dibaca, tapi saya masuk terus kok :D

Kemudian ada lagi dosen PKn yang sok kecakepan namanya Ibu Emilia, haha dia kalo ngajar didepan, tiap kali dia ngomong saya mau ketawa, ya karna cara ngomongnya itu. Trus dia itu setiap kali pertemuan dikelas pasti dikte, jadinya kita ya tiap ketemu dia nyatet mulu, banyakan nyatet trus jelasinnya, sumpah deh! tapi asik kok orangnya ntar kalo dia ngajar, dia ceritain tentang malaysia lah, singapur lah, saudaranya yang di pontianak lah. Dia nih ya suka gegayaan gitu, judes lah pasnya haha , tapi asik kok gak kaku kalo pas kuliah.

Nah ini yang terakhir dosen Fislis a.k.a FLMGO, namanya Ibu Aas. Saya tidak banyak jelasin kalo yang satu ini. Abstrak sumpah!

Ya itulah keenam dosen yang ngajarin saya selama semester 2, asik-asiklah dosennya, tergantung bagaimana cara pandang kita terhadap dosennya. Sesebel-sebelnya kita sama dosen kita ya tetep aja mereka yang ngajar, nikmati sajalah :)

Oke, bagaimana nih harapan buat semester 3 yang udah di depan mata?
Persiapan saya ya tetap lanjutkan sisa perjuangan, gak terasa ya udah semester 3 aja, perasaan baru kemaren pulang dari kopassus :D. Tersisa 6 semester lagi dan ini harus dilanjutkan, baru 2 semester yang terselesaikan dengan SKS sebanyak 37 SKS, ini sistemnya masih paket loh. Mulai semester depan kita harus mengisi KRS Online di anjungan mahasiswa, kita bisa memilih mau ngambil mata kuliah apa dan diajarin sama dosen siapa, tidak seperti semester 1 dan 2 yang sistemnya masih paket jadinya ya kita tinggal nikmati aja apa yang udah disiapkan oleh kampus.

Yang jelas harapan saya semoga semester 3 besok bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan, diajarin dosen yang pas, yang jelas beban semakin berat soalnya SKS per semester jadinya nambah. Dijalani dengan baik maka pasti semua akan terlewati dengan baik, tidak usah minder sama temen-temen lain yang mungkin nilainya lebih dari saya -_-, biarin dia mau gimana-gimana ya saya tetaplah saya, saya tidak mau ikut-ikutan, saya punya cara sendiri ngatur gimana yang terbaik buat saya dan masa depan saya :P

Oke sekian dulu ya udah ngantuk nih, jam di laptop sudah menunjukkan pukul 23:46, sudah waktunya istirahat. Selamat malam smua :)
Location: Jakarta, Republic of Indonesia

1 comment:

  1. lama kagak kekampus lg,,, nih empunya blog bnyak bantu juga dengan postinganya.ya apa lagi klo bukan laporan praktikum. makasih bnya ya salam kenal indra teknik elektro angkatan 2006

    ReplyDelete