Friday, September 6, 2013

Tahapan Pengisian KRS Online Pada Anjungan Mahasiswa STT-PLN Jakarta

Hari ini 5 September adalah batas terakhir Finalisasi KRS Online, saya telah melakukannya tadi pagi, dan inilah pengalaman pertama saya dalam mengisi KRS Online.

Pada postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman dengan menjelaskan Tahapan Pengisian KRS Online pada Anjungan Mahasiswa STT-PLN Jakarta. Dimulai dari awal hingga akhir, akan saya bahas pada postingan ini.

Oke. Berhubung saya adalah mahasiswa Angkatan 2012 maka akan saya jelaskan sesuai peraturan yang berlaku sejak saya masuk di kampus ini. Sesuai aturan kampus, bagi mahasiswa Angkatan 2012 wajib mengikuti jadwal kuliah yang telah disusun kampus untuk 2 semester pertama, yaitu Semester 1 dan Semester 2, jadi selama 2 semester ini sistem mata kuliahnya masih paket, artinya jadwal kuliah sudah ditentukan oleh kampus dan kita tinggal menjalankannya. Jumlah SKS, Dosen pengajar, Kelas semua sudah ditentukan, kita harus mengikutinya.

Nah, setelah memasuki semester 3, barulah kita dapat menyusun Kartu Rencana Studi (KRS) sendiri. Jadi kita dapat memilih sendiri Mata Kuliah yang ingin kita pelajari, berapa jumlah SKS yang ingin kita ambil, siapa Dosen yang akan ngajarin kita, dan ingin masuk di Kelas mana. Jadi tidak diatur lagi oleh kampus.

Sesuai pengalaman saya, pada semester 1 kita dibebani 17 SKS oleh pihak kampus, selanjutnya pada semester 2 kita dibebani 20 SKS. Nah, pada semester 3 ini kita dapat mengambil SKS sesuai dengan yang kita kehendaki dengan jumlah maksimal 24 SKS, tetapi ada syaratnya. Syarat untuk mengambil SKS dilihat dari Indeks Prestasi Semester (IPS) yang kita dapat pada semester sebelumnya yaitu semester 2. Jika IPS kita > 3.00 maka kita dapat mengambil SKS sebanyak maksimal 24 SKS, selanjutnya untuk IPS 2,75 – 2,99 dapat mengambil maksimal 22 SKS, selanjutnya untuk IPS 2,00-2,74 dapat mengambil maksimal 20 SKS, sementara jika IPS < 2,00 maka hanya dapat mengambil 16 SKS saja. Aturan ini masih berlaku hingga saat ini.

Pada setiap semester terdapat Mata Kuliah wajib yang harus diambil pada semester tersebut. Sesuai pengalaman saya, Mata Kuliah wajib per semester adalah Semester 1 sebanyak 17 SKS, Semester 2 sebanyak 20 SKS, Semester 3 sebanyak 19 SKS, Semester 4 sebanyak 19 SKS, Semester 5 sebanyak 21 SKS, Semester 6 sebanyak 21 SKS, dan selanjutnya semester 7 dan 8. Nah berhubung Mata Kuliah wajib pada semester 3 adalah sebanyak 19 SKS, kemudian IPS kita > 3,00, maka tersisa 5 SKS lagi yang dapat kita ambil. Nah untuk mengisi 5 SKS tersebut dapat kita ambil Mata Kuliah yang ada pada Semester Ganjil yaitu semester 5 dan semester 7.

Oke sekiranya seperti itulah pengalaman yang saya alami, selanjutnya akan saya jelaskan Prosedur Pengisian KRS Online Pada Anjungan Mahasiswa STT-PLN Jakarta :

1. Kita harus memiliki Jadwal Pengisian KRS yang dikeluarkan oleh kampus.
Jadwal Pengisian KRS akan dikeluarkan oleh pihak Kampus sebelum waktu pengisian KRS dibuka, jadwalnya akan diposting di website kampus www.sttpln.ac.id. Nah perhatikan gambar dibawah ini.

Jadwal Pengisian KRS
2. Membayar BPP Pokok + Kemahasiswaan
Sesuai yang tertera pada jadwal diatas, yang harus Anda lakukan pertama adalah membayar BPP Pokok + Kemahasiswaan, Pembayaran dilakukan di Bank Mandiri menggunakan Nomor Institusi STT-PLN 10065.

3. Mencetak KHS (Kartu Hasil Studi) Semester Sebelumnya
Dalam hal ini kita gunakan contoh semester 2, pencetakan KHS pada Anjungan Mahasiswa sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan, tertera pada jadwal diatas.

4. Mencetak Blanko RPM (Rencana Pengambilan Mata Kuliah)
Anda dapat mencetak Blanko RPM pada Anjungan Mahasiswa disaat yang bersamaan dengan pencetakkan KHS.

5. Konsultasi dengan Dosen PA (Pembimbing Akademik)
Setelah mencetak KHS dan Blanko RPM, maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menemui dosen PA Anda untuk melakukan konsultasi dengan membawa KHS dan Blanko RPM (bawa asli beserta fotokopi). Konsultasi dengan dosen PA adalah bertujuan untuk meminta bimbingan atau saran dari beliau bagi Anda dalam hal Mata Kuliah yang ingin Anda ambil, Mata Kuliah yang ingin Anda ambil sebaiknya ditanyakan untuk mendapat saran dari beliau. Mata kuliah yang sudah fix akan Anda ambil akan ditandatangani oleh beliau dan berarti Anda telah mendapatkan persetujuan beliau.

6. Pengisian KRS Online
Pengisian KRS Online pada Anjungan Mahasiswa dibagi per Angkatan, selanjutnya setelah pengisian per angkatan selesai, akan ada pengisian KRS bersama untuk semua angkatan dan juga untuk perubahan mata kuliah, perhatikan jadwal diatas. Hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengisi Evaluasi Dosen semester sebelumnya, karena jika tidak maka Anda tidak akan bisa mengisi KRS Online.

Anjungan Mahasiswa STT-PLN Jakarta
Sesuai pengalaman saya, pengisian KRS Online untuk Angkatan 2012 dijadwalkan pada 24-25 Agustus 2013. Pengisian KRS Online pada Anjungan Mahasiswa dimulai pukul 00.00, pengalaman dari beberapa waktu, terkadang pada pukul 23.58 sudah dapat dilakukan. Secara sederhana, sistemnya adalah “Siapa cepat, Dia dapat” maka Anda diharuskan secepat mungkin mengisi kelas yang Anda inginkan sebelum kuota kelas tersebut penuh. Anda harus adu cepat dengan teman-teman Anda, jadi pastikan koneksi internet yang Anda gunakan tidak lelet, karena sering terjadi Anjungan Mahasiswa down server dikarenakan diakses oleh banyak orang.

Cara pengisian KRS secara detail dapat Anda lihat pada file dibawah ini, silahkan didownload :

- Sosialisasi Pengisian KRS Online (BPSI STT-PLN) [DOWNLOAD]
- Cara Pengisian KRS [DOWNLOAD]
Password : alamtuaralampung

7. Pembayaran SKS
Setelah Anda selesai melakukan pengisian KRS Online, sesuai jumlah SKS yang Anda ambil, maka Anda akan mengetahui jumlah yang harus Anda bayar, per SKS Rp.150.000,-. Pembayaran dilakukan di Bank Mandiri menggunakan Nomor Institusi STT-PLN 10065. Jika Anda terlambat membayar maka Anda diharuskan cuti kuliah selama 1 semester, jadi jangan sampai terlambat.

8. Finalisasi KRS
Setelah membayar biaya SKS, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan Finalisasi KRS, yatu dilakukan di Anjungan Mahasiswa dengan menekan tombol Finalisasi KRS. Finalisasi KRS juga tidak boleh lewat dari tanggal yang telah ditentukan, karena jika lewat maka akan ada denda, setelah membayar denda tersebut barulah Anda bisa melakukan Finalisasi KRS pada waktu yang telah ditentukan. Perhatikan kembali jadwal diatas.

9. Validari KRS oleh Dosen PA
Setelah Anda melakukan Finalisasi KRS maka selanjutnya Anda harus mencetak KRS Anda berikut Blanko RPM (fotokopi untuk diserahkan ke dosen PA) untuk disahkan oleh Dosen PA Anda. Setelah Anda melakukan validasi oleh Dosen PA, maka KRS Anda secara resmi dapat digunakan untuk kuliah. Selamat KRS Anda telah jadi dan selamat kuliah!

Tambahan :
Jika Anda terlambat melakukan Pembayaran KRS maka akan dikenakan Cuti Kuliah, Cuti Kuliah dapat diajukan sesuai waktu yang ditentukan. Jika tidak melakukan pengajuan Cuti Kuliah pada periode yang berjalan maka Anda akan dianggap Bolos Kuliah.

Yah sekian Tahapan Pengisian KRS Online Pada Anjungan Mahasiswa STT-PLN Jakarta, dalam segala hal Anda diharuskan untuk mengikuti jadwal dan waktu yang telah ditentukan, tidak boleh lambat karena ada sanksinya. Untuk mendapatkan tambahan info mengenai hal ini, dapat berhubungan dengan senior-senior yang telah berpengalaman menjalaninya.

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Okesip!
Location: Jakarta, Indonesia

7 comments:

  1. Hai alam tuara lampung *gatau panggilannya* saya indah angkatan 2010 elektro stt-pln. Td cuma iseng googling eh ada blog kamu, baca2 dikit dan ternyata bagus yah. Oiya mau nanya kamu ikut hme ga? Bakatmu bagus kalo diasah di departemen infokom, kita baru aja ngadain oprec. Kalo kamu mau join aja :) jangan hanya jadi kura-kura, soalnya sayang bakat banyak tapi ga ada wadah untuk menyalurkannya hehe. Pertimbgkan yah, kalo mau ke sekret hme aja ya.

    ReplyDelete
  2. Eh maksudnya jgn hanya mau jadi kupu-kupu tp jadilah kura-kura hehe tapi jgn lupa dengan akademikya juga, ok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak, pastinya akademik yang nomer satu :))

      Delete
  3. mas bro,
    paswordnya winRarnya apaan???

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete