Friday, October 11, 2013

Persiapan Praktikum Transformator dan Mesin Induksi

Selamat sore :)

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Persiapan Praktikum Rangkaian Listrik dan Elektronika STT-PLN Jakarta, sekarang saya mau menulis tentang Persiapan Menghadapi Praktikum Transformator dan Mesin Induksi.

Praktikum Transformator dan Mesin Induksi sesuai aturan dilaksanakan pada semester 5, tetapi saya sudah mengambilnya pada semester 3, ini adalah praktikum ketiga di semester ini setelah Rangkaian Listrik dan Elektronika. Selanjutnya masih ada 1 praktikum lagi yaitu Sistem Telekomunikasi yang akan dilaksanakan usai Ujian Tengah Semester (UTS).

Laboratorium Mesin Listrik terletak di lantai 6 Kampus STT-PLN. Dosen untuk mata kuliah Praktikum Transformator dan Mesin Induksi adalah Ibu Christine Widyastuti, ST. Laboratorium Mesin Listrik ini memiliki peraturan tata tertib yang cukup ketat sama halnya dengan Laboratorium DTE, berikut adalah Tata Tertib Laboratorium Mesin Listrik STT-PLN.

Tata Tertib Laboratorium Mesin Listrik STT-PLN

Pada Sabtu 5 Oktober 2013 kemarin telah dilaksanakan pengarahan Praktikum Transformator dan Mesin Induksi di Laboratorium Mesin Listrik. Pada mata kuliah ini saya masuk di Kelas E. Berikut adalah Jadwal Pengarahan Praktikumnya :

Jadwal Pengarahan Praktikum Transformator dan Mesin Induksi

Pada pengarahan praktikum ini dijelaskan tentang praktikum yang akan dilaksanakan kedepan dan juga kita disuruh memfotokopi modul praktikum biayanya hanya Rp.7.000,- sedang kartu praktikum akan dibagikan saat praktikum dilaksanakan.

Modul Praktikum Transformator dan Mesin Induksi

Sehari sebelumnya yaitu hari jumat, di depan Laboratorium sudah ditempelkan pembagian kelompok serta jadwal praktikum kita. Berikut adalah pembagian kelompok dan juga jadwal praktikum saya :

Pembagian Kelompok dan Jadwal Praktikum Transformator & Mesin Induksi

Pada Praktikum ini saya masuk dalam kelompok 11E bersama dengan Gagas Arief Prabowo (2012-11-171) dan Fuad Fathanah Muttaqin (2012-11-181). Sementara jadwal praktikum kita adalah pada tanggal 9 November 2013 untuk Praktikum Transformator dan 16 November 2013 untuk Praktikum Mesin induksi. Jumlah ada 2 kali pertemuan, dan yang harus diketahui adalah Laporan dikumpulkan 2 hari setelah praktikum.

Praktikum ini terbagi menjadi 2 yaitu Praktikum Transformator dan Praktikum Mesin induksi. Kedua Praktikum ini memiliki beban yang sama, karna jumlah modul yang dipraktekkan sama yaitu berjumlah 4 Modul, jadi total ada 8 modul pada Praktikum Transformator dan Mesin Induksi.

Modul Praktikum Transformator :
1. Pengujian Polaritas Trafo 1-Fasa
2. Pengujian Temperature-Rise Trafo 1-Fasa
3. Pengujian Trafo Tegangan Rendah Beban Nol
4. Pengujian Trafo Hubung Singkat

Modul Praktikum Mesin induksi :
1. Karakteristik Start dan Slip Pada Motor Induksi Rotor Sangkar Tupai
2. Arah Putaran dan Perubahan Arah Putaran Dari Motor Induksi Rotor Sangkar Tupai
3. Pengukuran Torsi Dengan Menggunakan Dinamometer
4. Karakteristik Torsi dan Beban Pada Sebuah Motor Induksi

Berbeda dengan Praktikum Fisika Mekanika Fluida dan Panas (semester 1), dan juga Praktikum Fisika Listrik Magnet Gelombang Optik (semester 2) yang modulnya diprint, praktikum ini modulnya harus ditulis tangan. Sama halnya dengan Praktikum Algoritma dan Pemrograman (semester 2) dan Praktikum Rangkaian Listrik serta Praktikum Elektronika (semester 3) yang modulnya juga ditulis tangan.

Sekian dulu berbagi cerita saya mengenai Praktikum Transformator dan Mesin Induksi. Inilah praktikum yang pertama saya hadapi di semester 3, sesuai jadwalnya pada awal November, tepatnya setelah selesai UTS. Doakan ya semoga praktikum saya ini berjalan dengan lancar :)
Location: Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment