Monday, October 21, 2013

Seminggu Menjelang UTS Semester 3, Fight!


Selamat malam, lama tidak menyapa :)

Hari ini adalah tepat seminggu menjelang UTS semester 3 ini, minggu depan tanggal 28 Oktober UTS akan dimulai, seperti pada postingan yang saya tulis sebelumnya pada Jadwal UTS, disitu ada semua jadwal UTS saya. Tadi siang usai kuliah RL 1 saya sudah mengkopi Bank Soal UTS yang tahun-tahun kemarin, Bank Soal tersebut didapat dari Sekret Jurusan. Tapi pada Bank Soal tersebut ada beberapa mata kuliah yang tidak ada soal UTSnya, yaitu Matematika Teknik 1 dan Riset Operasi, karena dua dosen yang mengajar mata kuliah ini adalah dosen baru.

3 mata kuliah yaitu Metode Numerik, Sistem Telekomunikasi dan Rangkaian Listrik 1 sifat ujiannya adalah Open Book, sementara Elektronika, Matematika Teknik 1, dan Riset Operasi saya masih belum tahu sifat ujiannya, apakah Open Book juga ataukah Open Note ataukah Close Book. Yah apapun sifat ujiannya yang terpenting adalah menyiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujiannya :)

Oh iya, sampai saat ini setiap mata kuliah sudah dikumpulkan beberapa tugas dari dosen, ada beberapa tugas yang sempat saya pindai dan rencananya akan saya upload ke blog ini bagi anda yang ingin mempelajarinya. Mata kuliah Rangkaian Listrik 1 sudah ada 2 kali diberi tugas, terakhir tadi siang dikumpulkan. Matematika Teknik 1 baru 1 kali diberi tugas. Elektronika sudah 2 kali diberi tugas, pertama membuat daftar komponen elektronika dan yang kedua latihan soal-soal yang ada di buku, ada 1 tugas lagi yaitu membuat Alat Elektronika, tapi tugas yang ini dikumpulkan usai UTS. Riset Operasi sudah 2 kali tugas, pertama membuat Rangkuman dan yang kedua mengerjakan soal-soal pada buku. Metode Numerik juga sudah 2 kali diberi tugas dan kedua tugasnya mengerjakan soal. Sementara yang terakhir Sistem Telekomunikasi baru 1 kali diberi tugas yaitu minggu lalu dan akan dikumpulkan pada Rabu esok, tugas ini sebagai pengganti kuis.

BTW, hari-hari saya justru bukannya disibukkan dengan tugas melainkan laporan praktikum, iya pada semester ini saya mengambil 4 praktikum, walaupun kedua praktikum yaitu RL dan Elektronika sesuai jadwal dilaksanakan pada akhir bulan November, namun saya sudah menulis modul laporan mulai sekarang biar nanti tinggal fokus sama praktikumnya saja. Kedua praktikum ini modulnya sudah selesai saya tulis tangan. Ada satu lagi yaitu Praktikum Transformator dan Mesin Induksi, yang ini belum saya tulis sama sekali :|

Tadi siang sebelum ke kelas RL 1, saya sempat mampir dulu ke Laboratorium Mesin Listrik, dan di papan pengumuman sudah ada pemberitahuan penggantian jadwal praktikum yang dikarenakan bentrok dengan jadwal UTS. Sebab itulah jadwal praktikum saya yang sebelumnya tanggal 9 November dipindahkan ke tanggal 30 November, sementara yang tanggal 16 November tetap. Saya rasa ini info yang baik mengingat saya sama sekali belum menulis modulnya HAHAHA :D UTS saya berakhir pada tanggal 7 November, jadi rencananya setelah UTS baru saya akan mulai menulis modul praktikum ini, untuk seminggu kedepan dan pada minggu UTS berlangsung, akan saya fokuskan untuk belajar mata kuliah yang akan diujikan.

Nanti setelah usai UTS masih ada 1 praktikum lagi yaitu Praktikum Sistem Telekomunikasi, praktikum ini juga pastinya akan ada laporan, jadi dari sekarang saya selesaikan dua praktikum (RL dan Elektronika) biar nanti tidak kerepotan dengan praktikum yang lain. Jadi kita harus memaksimalkan waktu yang ada, mengingat banyak sekali waktu yang kosong pada awal kuliah ini, jadi lebih baik digunakan untuk menulis laporan lebih awal.

Walaupun yang akan dihadapi ini masih UTS (bukan UAS) tapi tetap saja ini penting dan sangat berpengaruh sama nilai akhir yang akan didapat. Jadi tetap harus dimaksimalkan, agar semua mata kuliah bisa lulus dengan nilai yang bagus. Saya tidak mau membeda-bedakan mata kuliah, bagi saya semua mata kuliah adalah sama, jadi tidak ada satupun mata kuliah yang saya prioritaskan, semua saya samaratakan, sama-sama penting untuk dipelajari karena semua ilmunya tentu penting bagi kita. Baik yang 4 sks maupun yang 2 sks, ataupun juga praktikum yang hanya 1 sks.

Seminggu kedepan saya mau fokus dulu untuk UTS, doakan saya ya semoga UTS saya berjalan dengan baik tanpa hambatan, dan semoga bisa mendapat hasil yang baik dan memuaskan. Sampai disini dulu ya. Selamat malam :)

Location: Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment