Friday, November 8, 2013

Kuesioner Pengukuran Kualitas Layanan Untuk Meningkatkan Layanan Sistem Informasi & Teknologi Informasi STT-PLN

 

* Wajib

Umur Responden *
Jenis kelamin responden *
  • Laki-laki
  • Perempuan

Status di STT-PLN *
  • Dosen
  • Karyawan
  • Mahasiswa
  • Alumni

PENDAHULUAN

Mohon dibaca agar memudahkan dalam pengisian. Yang Terhormat Bapak / Ibu / saudara, anda diminta untuk memberikan penilaian yang sejujurnya demi didapatkannya data yang baik dari responden sekalian. Data kuesioner ini akan digunakan untuk menilai sejauh mana tingkat kualitas sistem, kualitas layanan serta kualitas informasi yang telah diberikan STT-PLN melalui BPSI selaku penyedia dan pengelola hal tersebut. Pilih salah satu jawaban yang menurut responden sesuai dengan keyakinan dan yang telah dirasakan manfaatnya selama ini. Dalam kuesioner ini terdapat tiga bagian utama dalam penilaiannya yakni :

1. Penilaian terhadap kualitas informasi,
2. Penilaian terhadap kualitas sistem,
3. Penilaian terhadap kualitas layanan.

Penilaian akan terdiri 5 opsi dan satu pertanyaan, adapun opsi yang harus dipilih adalah sebagai berikut : 
  • Sangat tidak setuju 
  • Tidak setuju 
  • Netral 
  • Setuju 
  • Sangat setuju
*KUESIONER TERDIRI DARI 5 HALAMAN.

Bagian 1. Penilaian terhadap kualitias informasi
Pada bagian ini responden akan diminta penilaianya terhadap aplikasi yang responden pakai. Pilih salah satu dari jawaban yang menurut responden sesuai dengan yang dirasakan. Penilaian kualitas informasi dapat menilai aplikasi seperti anjungan mahasiswa, anjungan dosen, email, website kampus, berita kampus, bimbingan dan hal lainnya menyangkut aplikasi yang disediakan oleh STT-PLN. Adapun pertanyaan yang akan diajukan adalah sebagai berikut :

Website selalu menyediakan informasi terkini ? *
Penilaian terhadap indikator "currency"

Website selalu menyediakan informasi yang lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan? *
Penilaian terhadap indikator "completeness"

Informasi yang diberikan oleh website disediakan dalam bentuk yang mudah dipahami penggunaannya? *
Penilaian terhadap indikator "format"

Informasi yang diberikan oleh website selalu akurat dan sesuai dengan keadaan yan sesungguhnya? *
Penilaian terhadap indikator "Accuracy"

Pada umumnya, informasi yang disediakan untuk saya merupakan informasi yang sangat berguna untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. *
Penilaian terhadap indikator "information quality"

Pada umumnya, informasi yang saya dapat sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan *
Penilaian terhadap indikator "information satisfaction"

Bagian 2. Penilaian terhadap kualitas sistem
Pada bagian ini responden akan diminta penilaianya terhadap sistem yang responden pakai. Pilih salah satu dari jawaban yang menurut responden sesuai dengan yang dirasakan. Penilaian kualitas sistem dapat menilai infrastruktur teknologi yang disediakan STT-PLN seperti hotspot, komputer kampus, komputer perpusatakaan, dan lain-lain. aplikasi bukan merupakan yang dinilai, yang dinilai hanya infrastruktur yang disediakan saja.. Adapun pertanyaan yang akan diajukan adalah sebagai berikut :

Sistem yang berjalan sudah baik dan tidak pernah mengalami gangguan (server jarang down)? *
Penilaian terhadap indikator "Reliability"

Sistem sangat mudah diakses diseluruh areal kampus? *
Penilaian terhadap indikator "Accessability"

Sistem dapat berjalan disemua sistem operasi atau disemua jenis gadget seperti linux, windows, iOS, android, blackberry dan lain-lain? *
Penilaian terhadap indikator "Flexibility"

Sistem dapat dengan cepat merespon permintaan yang kita inginkan? *
Penilaian terhadap indikator "Timelines"

Saya akan memberikan nilai yang sangat baik untuk layanan sistem yang telah diberikan STT-PLN. *
Penilaian terhadap indikator "sistem quality"

Sistem yang telah berjalan sekarang sudah sangat memuaskan saya sebagai pengguna. *
Penilaian terhadap indikator "sistem satisfaction"

Bagian 3. Penilaian terhadap kualitas layanan
Pada bagian ini responden akan diminta penilaianya terhadap layanan yang responden terima. Pilih salah satu dari jawaban yang menurut responden sesuai dengan yang dirasakan. Penilaian kualitas layanan dapat menilai layanan yang diberikan oleh STT-PLN semenjak adanya sistem secara online telah dipakai. aplikasi dan sistem bukan merupakan yang dinilai, yang dinilai hanya infrastruktur yang disediakan saja.. Adapun pertanyaan yang akan diajukan adalah sebagai berikut :

Petugas memberikan perhatian khusus dalam memberikan layanan terhadap permasalahan mengenai aplikasi dan sistem di STT-PLN? *
Penilaian terhadap indikator "empathy"

Layanan yang diberikan adalah benar-bernar sesuai dengan apa yang saya inginkan. *
Penilaian terhadap indikator "service reliability"

Layanan yang diberikan sangat terkini dan memuaskan *
Penilaian terhadap indikator "tangible"

Saya merasa aman jika semua akses kegiatan bersifat online jika memakai layanan dari STT-PLN. *
Penilaian terhadap indikator "assurance"
Petugas melayani dengan sigap dan cepat? *
Penilaian terhadap indikator "responsiveness"

Pada umumnya, tingkat layanan yang saya terima adalah sangat baik. *
Penilaian terhadap indikator "service quality"

Saya sangat puas dengan layanan yang diberikan *
Penilaian terhadap indikator "service satisfaction"

Penilaian mengenai Persepsi pengguna

Layanan yang saya gunakan membuat nyaman. *
Penilaian terhadap indikator "perceived enjoyment"

Sejauh ini saya sangat mudah dalam mengakses dan menggunakan setiap aplikasi dan sistem yang diberikan STT-PLN *
Penilaian terhadap indikator "perceived ease to use"

Sejauh ini saya sangat sangat terbantu dengan adanya aplikasi online serta layanan yang baik dari STT-PLN. *
Penilaian terhadap indikator "perceived usefullness"

Semua hal dipertimbangkan. Menggunakan aplikasi, sistem dan layanan yang diberikan membuat saya mendapatkan informasi yang baik, langkah yang positif dan ide yang baik dari STT-PLN *
Penilaian terhadap indikator "attitude"

Selanjutnya saya akan sangat membutuhkan aplikasi, sistem dan layanan untuk dapat membantu saya dalam menyelesaikan semua permasalahan. *
Penilaian terhadap indikator "intention"


Penutup

Terima kasih atas data yang dengan jujur yang telah anda berikan, Data ini akan membantu kita semua dalam membenahi semua kekurangan mengenai aplikasi, sistem serta layanan yang telah diberikan STT-PLN. 

Hormat saya, 
M Yoga Distra Sudirman. 
BPSI STT-PLN

2 comments:

  1. Alhamdulillah saya temukan weblog yg sgt bermanfaat ini, bisa tidak saya mnt point point pertanyaan dan cara analisanya, krn ilmu ini akan saya terapkan di lingkn kerja saya(untuk evaluasi)
    Mhn materi Bisa kirim email ke :wirdan8@gmail.com
    Terimksh sebelmnya.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah saya temukan weblog yg sgt bermanfaat ini, bisa tidak saya mnt point point pertanyaan dan cara analisanya, krn ilmu ini akan saya terapkan di lingkn kerja saya(untuk evaluasi)
    Mhn materi Bisa kirim email ke :wirdan8@gmail.com
    Terimksh sebelmnya.

    ReplyDelete