Thursday, November 21, 2013

Persiapan Praktikum Sistem Telekomunikasi, Praktikum ke-4 di Semester 3

Akhirnya terdengar kabar juga dari Laboratorium Elektronika Industri mengenai Praktikum Sistem Telekomunikasi. Praktikum ini adalah praktikum ke-4 saya di semester 3 ini, praktikum ini yang datang paling akhir di semester ini, setelah sebelumnya Praktikum Rangkaian Listrik dan Elektronika (walaupun belum berjalan) dan Praktikum Transformator & Mesin Induksi (sementara berjalan).

Hari selasa kemarin seusai saya mengumpulkan laporan Praktikum Mesin Induksi, saya dikabari oleh teman saya bahwa sudah ada jadwal pengarahan praktikum Sistel dari Lab. Elektronika Industri. Sesuai jadwal praktikum saya yaitu hari Selasa, jam 10:00-11:40 kelas B maka saya mendapat giliran mengikuti pengarahan pada sesi kedua yaitu jam 13:30.
  

Tadi siang pada saat mengikuti pengarahan, banyak hal-hal yang disampaikan mengenai praktikum Sistem Telekomunikasi ini, seperti peraturan yang berlaku di laboratorium, susunan laporan yang benar, dan lainnya yang menyangkut dengan praktikum ini.

Praktikum ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu praktikum bagian pertama untuk modul 1-4 dan praktikum bagian kedua yaitu untuk modul 5-7. Sementara Tes Awal hanya sekali saja yaitu pada saat sebelum praktikum bagian pertama. Untuk laporan, semua yang ada di modul disalin ulang (ditulis tangan), untuk gambar rangkaian boleh digambar atau bisa juga di pindai/scan. Laporan dikumpul paling lambat 3 hari setelah praktikum kedua. Untuk lebih jelasnya, semua peraturan tersebut ada di dalam modul praktikum.


Ada 7 percobaan pada Praktikum Sistem Telekomunikasi :

I. MODULASI
Percobaan 1. Modulasi Kolektor
Percobaan 2. Modulasi Basis
Percobaan 3. Modulasi Emiter

II. DEMODULASI
Percobaan 4. Demodulasi AM-Transistor
Percobaan 5. Pulse Width Modulation

III. SISTEM TELEPON
Percobaan 6. Dual Tone Multi Frequency (DTMF)

IV. PULSE CODE MODULATION
Percobaan 7. Pulse Code Modulation (PCM)

Sesuai jadwal, saya mendapat giliran praktikum pada bulan depan yaitu tepatnya pada tanggal 3 dan 17 Desember 2013. Saya masuk pada kelompok B8 dan saya sekelompok dengan 2 teman saya yaitu Gita Mulia Pranata dan Muhamad Topan Nuary. Berikut adalah jadwal praktikum saya : 


Untuk sementara ini saya masih akan fokus dulu sama Praktikum Transformator, karena deadlinenya minggu depan, dan juga laporannya dikumpul 2 hari setelah praktikum. Sementara Rangkaian Listrik dan Elektronika yang juga akan dimulai minggu depan, laporannya bisa dikerjakan santai soalnya dikumpul seminggu setelah praktikum. Sekian dulu ya tulisan ini, selamat malam :)
Location: Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment