Thursday, November 21, 2013

Praktikum Mesin Induksi selesai, berikutnya Praktikum Transformator!

Selamat malam, akhirnya bisa kembali menulis di blog ini lagi. Akhir-akhir ini saya benar-benar disibukkan dengan segala kegiatan Praktikum di kampus, jadi baru bisa menulis sekarang, postingan terakhir saya tertangal 9 November, tidak terasa sudah seminggu lebih tidak menulis di sini :|

Setelah sebelumnya saya menulis tentang Persiapan menghadapi Praktikum Transformator dan Mesin Induksi. Minggu ini saya sudah menyelesaikan Praktikum tersebut bagian yang pertama yaitu Praktikum Mesin Induksi tanggal 16 November kemarin, berikutnya Praktikum Transformator akan dilaksanakan pada tanggal 30 November, diundur karena bertepatan dengan pelaksanaan UAS kemarin, dari jadwal yang seharusnya yaitu tanggal 9 November.
 
        

Malam ini saya mau berbagi cerita mengenai Praktikum yang kemarin sudah saya jalani. Praktikum ini seharusnya diambil pada semester 5, tapi saya sudah mengambilnya pada semester 3 ini. Kemudian juga seharusnya praktikum ini diambil bersama (atau telah diambil sebelumnya) dengan mata kuliah teorinya. Praktikum ini adalah sesuai dengan jadwal mahasiswa Angkatan 2011 yaitu diambil pada semester 5.

Sabtu pagi tanggal 16 November tepat jam 10 kami sekelompok masuk di Laboratorium Mesin Listrik, tepatnya di Lantai 6 kampus. Sebelum menjalani Tes Awal Praktikum, beberapa Asisten Laboratorium (Aslab) menanyakan kepada kita, kenapa kalian mengambil mata kuliah Praktikum ini, sementara kalian belum pernah mempelajari teorinya? Dan yang paling membuat saya deg-degan adalah kata mereka bahwa Tes Awal di Laboratorium ini adalah harus minimal mendapat nilai 70, lebih tinggi 30 dari nilai minimal Tes Awal Laboratorium Fisika Dasar yang adalah 40 (entah ini benar atau tidak).

Apa jawaban kami? Masing-masing punya jawaban sendiri. Kalau saya sendiri, jujur sebelumnya saya sudah sempat bertanya sama senior untuk meminta saran dan pendapat mereka mengenai hal ini. Jawaban mereka, “boleh saja mengambil praktikum walau belum pernah mengambil mata kuliahnya, saya juga dulu begitu”. Jawaban yang lain “Boleh saja sih, selama di anjungan tetap bisa diambil dan tidak ada prasyarat harus telah mengambil mata kuliah teorinya”. Jadi itu yang membuat saya tetap mengambil praktikum ini, walaupun saya belum mempelajari mata kuliah teorinya.

Sebelum Tes Awal, kami banyak diberi arahan dari Aslab di Lab itu, kata mereka tidak seharusnya kami melakukan hal itu, alangkah baiknya kalau kita mengambil suatu praktikum berbarengan atau telah mengambil mata kuliah teorinya. Pada saat Tes Awal banyak pertanyaan dari Aslab yang tidak bisa kami jawab, karena kita memang belum pernah mempelajari teorinya, walaupun kita bisa belajar dari Modul Praktikum atau buku-buku ataupun sumber lainnya di internet, tapi tetap saja kita masih belum banyak memahami tentang teori ini.

Berhubung Aslab yang menangani kami (mahasiswa 2012) adalah senior kami angkatan 2010 maka kami diperbolehkan tetap menjalani praktikum ini dengan catatan tidak boleh lagi mengulangi kesalahan ini di semester berikut, kami diharuskan mengambil teorinya dulu agar bisa lebih memahami dan lebih mudah dalam mengikuti praktikum ini. Di Laboratorium Mesin Listrik ini selain 2 praktikum yang saya ambil yaitu Praktikum Transformator dan Praktikum Mesin Induksi, masih ada 2 praktikum lagi yaitu Praktikum Mesin Arus Searah dan Praktikum Mesin Sinkron.

Setelah menjalani Tes Awal yang memakan waktu cukup lama, dan saya sendiri tidak yakin kalau nilai Tes Awal kita mencukupi nilai minimal 70. Kita langsung memulai praktikum kita, tidak terlalu lama karena kita hanya mempraktekkan 3 dari 4 modul yang ada di panduan. Sambil berjalannya praktikum, kami sambil dijelaskan oleh Aslab tentang bagian-bagian pada Mesin Induksi tersebut yang memang sangat asing bagi kita. Namun bagi senior kami Angkatan 2011, pasti mereka lebih memahaminya karena memang mereka telah mempelajari teorinya.

Setelah selesai praktikum, kamipun langsung dijelaskan mengenai cara perhitungan tugas akhir dan juga susunan laporan praktikum yang benar. Kemudian khusus bagi kami angkatan 2012, kami diberi tugas membuat sebuah artikel mengenai Konstruksi Mesin Induksi yang dikerjakan per kelompok, tugas artikel ini dikumpul pada saat ACC laporan. Setelah selesai semua praktikum, selanjutnya tinggal menyelesaikan laporan.

ACC berlangsung hari senin tanggal 18 November (2 hari setelah praktikum), analisa dan kesimpulan kami diperiksa oleh Aslab kami, begitu juga dengan tugas akhir, jika salah harus diulang atau jika kurang harus ditambah. Sehari setelahnya, yaitu hari selasa tanggal 19 November kamipun telah selesai dengan laporan kami masing-masing, dan siap untuk mengumpulkan laporan kami berikut mempresentasikannya pada aslab kami. Setelah presentasi dan laporan dikumpulkan, berakhirlah praktikum bagian pertama ini yaitu Mesin Induksi, selanjutnya adalah Praktikum Transformator pada 30 November.


Sekian berbagi cerita saya untuk malam ini, saran saya sebaiknya jika belum mengambil mata kuliah teori, jangan dulu ambil praktikumnya, agar bisa lebih memahami praktikum tersebut. Untuk laporannya sendiri, sementara saya lagi menyusun softsocy lengkapnya mulai dari laporan lengkap, teori tambahan hingga jawaban tugas rumah, kalau sudah selesai akan saya upload ke blog ini, bisa dicek nanti di sini [LINK]. Okesip! Selamat malam :)
Location: Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment