Tuesday, December 9, 2014

Trying to be Assistant of Electrical Measurement Laboratory (Part 1)

Selamat malam semuanya :) malam hari ini saya ingin berbagi cerita tentang satu kegiatan yang saya ikuti sepanjang beberapa bulan terakhir ini.

Awalnya saya tidak begitu menghiraukan mengenai lowongan asisten yang dibuka oleh Laboratorium PBL pada tanggal 16 September hingga 03 Oktober 2014 karena syaratnya adalah harus sudah mengambil mata kuliah teori beserta praktikum PBL, sementara saya belum mengambil mata kuliah teorinya. Tetapi kata salah satu teman saya, kita bisa daftar walaupun hanya mengambil praktikum tanpa mengambil mata kuliah teorinya. Jadi saya putuskan untuk mendaftar menjadi calon asisten di Laboratorium PBL.


Hari itu Sabtu 20 September 2014 saya mulai menyiapkan syarat-syarat yang harus disediakan untuk mendaftar yaitu Surat Permohonan, Daftar Riwayat Hidup, Rekapitulasi Nilai, Fotokopi KTM & KRS Semester 5, Pas Foto 4x6, dan juga Surat Kelakuan Baik dari STT-PLN. Kemudian 2 hari sebelum ditutupnya pendaftaran, berkas-berkas tersebut saya berikan pada salah satu asisten PBL yang kebetulan sekelas dengan saya di salah satu mata kuliah.

Kemudian kita tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi berkas, jedahnya agak lama soalnya saat itu kita harus menghadapi UTS. Kata asistennya tes akan berlangsung setelah UTS berakhir. Lalu tanggal 28 Oktober 2014 Saya mendapat sms pemberitahuan kalau saya lulus seleksi berkas. Peserta yang lulus seleksi berkas sebanyak 18 orang. Agenda selanjutnya yaitu kita akan mengikuti pengarahan calon asisten yang diadakan pada Jumat, 31 Oktober 2014 pukul 15:30 bertempat di ruang Laboratorium PBL.

Pada saat pengarahan tersebut, kita dijelaskan mengenai kegiatan apa saja yang akan kita lalui dalam proses seleksi calon asisten ini. Pertama yaitu Tes Teori, kemudian Cek Alat Praktikum, lalu Pelaksanaan Praktikum, dilanjutkan Presentasi Laporan dan Wawancara Asisten, dan yang terakhir adalah wawancara bersama Dosen Instruktur Laboratorium.
 
Kegiatan pertama yang harus kita jalani adalah Tes Teori. Tes Teori ini diadakan karena sebagian besar dari peserta belum mengambil mata kuliah Teori PBL dan hanya mengambil mata kuliah Praktikumnya, termasuk saya hehe. Tes teori dilaksanakan pada Rabu, 5 November 2014 jam 4 sore bertempat di Laboratorium Sistem Kontrol. Sedikit saya bercerita mengenai tes pada saat itu, jadi tes tersebut layaknya ujian seperti biasanya, waktu yang tersedia yaitu 2 jam hingga jam 6 sore, sifat tesnya close book tapi boleh pake kalkulator kok, kemudian jumlah soal sebanyak 12 nomor baik teori maupun hitungan, tapi kebanyakan teori-teori dasar hehe. Soal-soal tes tersebut kebanyakan diambil dari modul praktikum PBL dan juga diktat mata kuliah PBL. Setelah selesai tes, kita diberitahu bahwa hasil tes teori ini akan diumumkan via sms langsung pada esok harinya.
 
Pada Kamis, 6 November 2014 saya mendapat pemberitahuan via sms tentang kelulusan tes teori dan akan mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu Cek Alat Praktikum dan juga Pelaksaaan Tes Praktikum :D Oh ya ada 12 orang yang akan mengikuti kegiatan selanjutnya, dari semula 18 orang. Cek Alat yaitu kita mempelajari tentang alat-alat di laboratorium yang nantinya akan kita gunakan pada saat praktikum, kita bisa bertanya pada asisten disitu jika ada yang kurang kita pahami. Kita diberi waktu cek alat mulai tanggal 7-13 November 2014 yakni selama 1 minggu penuh, jadi harus digunakan sebaik-baiknya untuk belajar dan bertanya agar nantinya praktikum berjalan dengan lancar O:)

Setelah masa Cek Alat selesai, kemudian kegiatan selanjutnya yaitu Tes Praktikum yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 November 2014. Sebelumnya kita sudah dibagi 4 kelompok, kelompok 1 dan 2 praktikum pada tanggal 14 sementara kelompok 3 dan 4 sisanya pada keesokan harinya yaitu tanggal 15. Kebetulan saya mendapat kelompok 2 jadi giliran saya praktek adalah di hari pertama yaitu hari jumat. Sama seperti praktikum dahulu sewaktu masih berstatus praktikan, sebelumnya kita harus sudah mengerjakan tugas rumah yang akan dikumpulkan sebelum pelaksanaan praktikum, kemudian ada juga tes awal yang diujikan.


Jadi pada hari Jumat, 14 November 2014 kegiatan dimulai dengan pengarahan sebentar oleh Koordinator Lab, kemudian lansung dilanjutkan dengan tes awal selama 1 jam pada saat bersamaan tugas rumah juga dikumpulkan, kebetulan kelompok kami mendapat giliran praktikum modul 3-4 terlebih dahulu. Setelah selesai praktikum modul 3-4 kira-kira jam 11 pagi ada jedah sebentar sebelum memulai lagi praktek modul 1-2 pada jam 1 siang, kita bergantian dengan kelompok 1. Prosedurnya sama seperti yang tadi pagi, ada tes awal selama 1 jam sebelum praktikum. Kemudian pada esok harinya Sabtu, 15 November 2014 giliran kelompok 3 dan 4 yang melakukan praktikum. Jadi praktikumnya setiap kelompok seharian penuh dari pagi hingga sore hari.


Kemudian untuk penyusunan laporan praktikum sendiri kita sudah dibagi asisten yang akan memeriksa (ACC) laporan kita, kebetulan Asisten ACC laporan saya yaitu Kak Nico Aditya Pratama. Untuk tanggal presentasi laporan sendiri diundur dari jadwal sebelumnya 21 menjadi Minggu 23 November 2014, jadi kita punya waktu selama 1 minggu untuk menyusun laporan.

Lanjut ke : Trying to be Assistant of Electrical Measurement Laboratory (Part 2)
Location: Jakarta, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment