Tuesday, December 9, 2014

Trying to be Assistant of Electrical Measurement Laboratory (Part 2)

Setelah laporan kita selesai kemudian telah di ACC oleh asisten yang ditentukan, maka tibalah saatnya bagi kita untuk mempresentasikan laporan tersebut. Pagi itu Minggu, 23 November 2014 kami 12 orang peserta sudah siap semua sekitar jam 7 pagi, kemudian masuk lab sekitar jam 8 dan diberi pengarahan sekilas tentang kegiatan yang akan kita jalani. Selanjutnya kita melakukan pengambilan nomor undian untuk presentasi laporan, dan kebetulan saya mendapat giliran nomor 12 dari 12 peserta. OH MY GOD! Saya adalah orang yang presentasi paling terakhir! -_-

Entah ini musibah atau apalah sejenisnya -_- yang jelas saya maunya mendapat undian nomor pertengahan, bukan yang pertama atau yang terakhir. Tapi yah sudahlah, pasti gara-gara nggak baca mantra dulu pas ngambil nomor undian -_- jadinya dapat nomor paling terakhir. Urutan nomor presentasi laporan setelah ambil nomor undian adalah :
1. Raeni
2. Vitagi
3. Adli
4. Gunawan
5. Annisa
6. Rahmania
7. Ramadhan
8. Shaldah
9. Dicky
10. Rosa
11. Galuh
12. Alam

Setelah kita mendapat nomor masing-masing, selanjutnya kita keluar ruang dan tinggal menunggu giliran dipanggil, jadi yang masuk ruang presentasi nomor urutan 1 dulu kemudian lanjut hingga nomor 12 (you know lah nomor 12 itu siapa? -_-). Kemudian sambil kita menunggu giliran diluar lab, kita bisa bertanya dulu sama teman yang sudah selesai, kondisi di dalam seperti apa, apa aja yang ditanya, masih kondusifkah suasananya atau sudah tidak bersahabat? HAHAHA

Kemudian tibalah giliran saya dipanggil, dan waktu menunjukkan pukul setengah 6 sore. Bisa anda bayangkan? Saya menunggu dari jam 8 pagi hingga hampir jam 6 sore di depan lab PBL. Kalo yang lain sih enak, sudah selesai presentasi beban sudah terlepas, sudah bisa tiduran santai di luar, nah saya sendiri masih megang laporan sambil melamun (hafalin judul, tujuan, analisa, kesimpulan -_-) LOL!.

Kemudian masuklah saya ke dalam ruangan, jadi pas didalam ruang itu yang kita lakukan adalah menjelaskan garis besar tentang laporan kita mulai judul dan bagian-bagian penting dari isi modulnya saja. Kemudian para asisten akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada kita, kalau bisa jawab ya jawab, tapi kalo nggak bisa ya pasrah aja bilang pas. Setelah selesai presentasi laporan, selanjutnya ada sesi wawancara bersama para asisten, pertanyaannya simpel-simpel saja kok tentang seputar kehidupan kita dikampus, kegiatan sehari-hari kita di tempat tinggal, organisasi atau komunitas yang kita ikuti, motivasi dan dorongan apa kita ingin menjadi asisten PBL, dan lainnya.

Setelah selesai semua, saya keluar dan memanggil teman-teman yang lainnya untuk masuk kembali keruangan, kemudian kita diberi pengarahan sebentar sama kordas lab. Setelah itu semua peserta calon asisten bersalaman dengan para asisten dan berakhirlah kegiatan dihari itu. Sungguh 1 hari yang melelahkan!

Oh ya kita juga diberitahu bahwa masih ada satu kegiatan terakhir yang harus kita ikuti yaitu wawancara bersama Instruktur Laboratorium, kegiatan itu yaitu esok hari Senin 24 November 2014 bertempat di Laboratorium Sistem Kontrol. Wawancaranya sama saja seperti saat wawancara bersama asisten hanya bedanya kita berhadapan dengan Dosen Instruktur Laboratorium. Oh ya pada saat wawancara harus menggunakan jaket jurusan Elektro, sementara lama wawancaranya tidak tentu, ada yang cepat ada juga yang lama, kalau saya kemarin tidak sampai 1 jam wawancara.

Yah setelah semua kegiatan berakhir, kita tinggal menunggu hasil yang akan kita dapatkan. Diterima atau tidaknya menjadi asisten, yang jelas kita semua sudah berusaha dengan baik, saya menikmati setiap prosesnya dan apapun hasilnya itulah yang terbaik bagi kita. Kalaupun tidak diterima masih banyak kok laboratorium lain yang bisa kita masuki selanjutnya. 

Kembali ke : Trying to be Assistant of Electrical Measurement Laboratory (Part 1)
Location: Jakarta, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment