Saturday, July 25, 2015

Goodbye Semester 6 and Welcome Semester 7!

Dengan berakhirnya jangka waktu input nilai oleh dosen hari ini, maka berakhirlah perjalanan satu semester yang melelahkan, semua nilai semester ini sudah ada di anjungan mahasiswa. Semester 6 ini bagi saya agak sedikit mengecewakan soalnya hasil tidak mencapai target, entah karena saya yang terlalu santai atau mungkin karena target yang saya pasang terlalu tinggi? :| coba tanyakan jawabannya pada rumput yang bergoyang? LOL!. Tapi lupakan, yang penting semua mata kuliah lulus hanya saja tidak maksimal. Ukuran maksimal punya saya dengan punya anda pasti berbeda, setiap orang punya takaran yang berbeda. Sebentar lagi saya akan memasuki semester 7, itu berarti saya sudah menjadi mahasiswa tingkat IV atau tingkat akhir, semester terakhir kuliah di kelas dan nulis laporan praktikum karena di semester 8 hanya tersisa Kerja Magang dan nyusun Skripsi. OMG time is flying fast!

By the way, sesuai kurikulum 2015 yang baru mata kuliah Seminar dihapuskan dan itu berarti semester depan pure hanya kuliah dan praktek tidak ada nyusun proposal, konsultasi dengan dosen pembimbing dan presentasi seminar. Padahal pas pertengahan semester 6 kemarin teman-teman sudah pada sibuk nyari dosen pembimbing seminar sampe main sikut-sikutan segala -_- Saya juga waktu itu sudah dapat dosen pembimbing seminar, bahkan saya sudah dikasih materi bahan buat nyusun seminar, kemudian lagi dosen pembimbingnya sudah nyuruh saya untuk membuat proposal seminar, tapi belum sempat saya buat waktu itu. Memang sih sudah terdengar rumor waktu itu kalau seminar bakal dihapuskan mulai semester depan, tapi ya buat jaga-jaga aja sih haha. Dan kemudian semua rumor itu benar-benar clear pas diadakan pengarahan kurikulum oleh ketua jurusan di auditorium lantai 12, fix seminar dihapuskan. THANK GOD I LOVE YOU!

Oke lupakan seminar. Sekarang saya menatap semester 7 yang sudah didepan mata, semua mata kuliah harus lulus sebagai syarat agar bisa mengambil mata kuliah Kerja Magang dan Skripsi di semester 8 nanti. Selain itu syarat untuk sidang skripsi yang juga tidak boleh dilupakan adalah sertifikat seminar dan juga sertifikat softskill yang masing-masing jumlahnya harus minimal 5. Kalo dihitung sertifikat seminar punya saya saat ini belum sampai 5 akibat males-malesan ngikut seminar padahal sering diajak teman haha, kalo sertifikat softskill punya saya sudah ada 5 jadi sudah aman. Buat yang masih junior mending disiapkan dari sekarang sertifikatnya biar tidak ribet nanti pas sudah semester atas, kalo ada seminar atau pelatihan atau kunjungan industri yang diadakan di kampus harus disempatkan buat ikut ya :)

Make a wish! Semoga semester 7 saya bisa berjalan dengan baik, belum ngisi KRS sih jadi belum tau dosen-dosen di semester 7 siapa saja yang bakal ngajarin saya nanti. Siapapun dosennya tidaklah masalah. Dulu sewaktu masih semester awal saya sering buat julukan dosen "killer" ke beberapa dosen, gak percaya? coba saja flashback tulisan saya di blog ini sewaktu saya masih semester awal hingga pertengahan. Nah sekarang ketika sudah jadi pure senior baru saya sadar seharusnya istilah dosen "killer" itu tidak ada dan memang seharusnya tidak ada.

Beberapa waktu lalu ada dosen senior yang meninggal karena sakit dan memang sebelumnya beliau masih menyempatkan diri mengajar di kelas walau dengan kondisi yang dipaksakan (berjalan dengan menggunakan tongkat). Ada juga dosen senior yang rela menginap (makan dan tidur) di ruang kerjanya dikampus, meninggalkan keluarganya demi mengajar semester pendek dan juga membimbing skripsi mahasiswanya agar sidang mereka nanti berjalan lancar. Saya membaca semua ucapan belasungkawa dan terima kasih di sosial media dari para senior yang dulunya pernah diajar sama beliau-beliau ataupun dibimbing seminar/skripsinya, tulisan yang mereka buat benar-benar membuat saya gigit jari, dosen-dosen tersebut benar-benar memberi dukungan dan memperjuangkan mahasiswanya agar skripsinya selesai dengan baik dan benar-benar mereka peduli sama kita, walaupun banyak mahasiswa yang menghindar dari mereka karena takut akan mendapat nilai jelek nantinya, makanya kelas mereka sepi peminat dari mahasiswa pas pengisian KRS :( So, semua dosen harus kita hargai dan jangan dibeda-bedakan.Okesip?!

Oke sekian dulu ya tulisan ini, lagi masa liburan sih cuma tetep saja mood buat nulis susah datangnya haha. Sampai jumpa di kampus ya semester depan. Good nite!

 

0 comments:

Post a Comment